Jumat, 28 Desember 2012

MEMAKNAI SEBUAH REUNI

Reuni dapat diartikan "bersatu kembali". Biasanya Reuni dipakai untuk menyebut sebuah acara berkumpulnya kembali para alumni sebuah sekolah atau kampus, paling tidak itulah yang sering terjadi. Istilah lain, yang lebih keIndonesiaan (dari segi bahasa) adalah "temu kangen" dan yang rada religius (dari segi bahasa juga ) adalah "silaturahmi" dan masih banyak lagi.


Namun apa sebenarnya yang terlintas dalam benak kita sebagai pihak yang menjadi subyek dan obyek sekaligus dalam kaitannya dengan reuni? Tentu saja akan sangat banyak dan setiap orang mempunyai pandangannya sendiri-sendiri. Itu sangat wajar dan boleh-boleh saja.

Sebuah acara berkumpulnya kembali insan-insan yang setelah 20 tahun tak bertemu dan telah menjalani kehidupan yang beragam tentu akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan reuni yang baru berumur 3 atau 4 atau 10 tahun. tentu kedewasaan dan kematangan setiap insan tersebut telah terpatri dalam diri masing-masing. Sehingga makna reuni bisa lebih diperdalam bukan sekedar temu kangen dan say hello, jabat-tangan, peluk-cium, cipika-cipiki!

Reuni juga bukan ajang untuk bersombong ria, atas kesuksesan pribadi. Juga bukan untuk merendahkan atau membuat malu saudara-saudara yang belum beruntung. Reuni tentu juga bukan untuk membuka aib lama. Ia adalah ajang untuk membangun sebuah bangunan kebersamaan atas dasar saling menghargai dan memanusiakan sesama. Mengangkat harkat martabat, reunion to elevate! kira-kira begitu. :)

Lalu apa yang bisa kita harapkan dan dapatkan dalam acara mulia tersebut? Tentu ukurannya bukan materi, namun nilai kebersamaan, persaudaraan, keteladanan, ilmu kehidupan lah akan kita dapat untuk diri kita sendiri maupun untuk keluarga kita secara langsung maupun tidak langsung. Dari nilai-nilai itulah kita semua akan mendapatkan peluang yang luar biasa bagi kehidupan kita yang lebih baik kedepan.

Tak perlu berhitung angka matematis dari apa yang telah kita keluarkan dan berikan untuk merancang sebuah acara, sekali lagi yang mulia ini, dengan apa yang akan kita dapat kelak. Keikhlasan dan semangat kekeluargaan serta kebersamaan dari semua dalam mempersiapkan jauh lebih penting dari segala hal.

Maka reuni 20 tahun, hendaknya dapat menjadi ajang bagi kita semua untuk sejenak keluar dari pakem kehidupan kita sehari-hari. Mari kita luangkan waktu, materi dan apa yang bisa kita lakukan untuk nilai kehidupan yang lebih baik melalui reuni. Kita tunjukkan pada almamater, sekolah, guru dan adik-adik kelas bahwa kita memang generasi yang kreatif dan mandiri. Buktikan bahwa 20 tahun telah menambah kualitas diri kita! :) (LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda punya pendapat? Silakan tulis komentar. Komentar tidak boleh mengandung SARA, ujaran kebencian, HOAX. Admin tidak bertanggungjawab atas isi komentar.